Relationship Goals, pentingkah masa pacaran bahas keuangan?

Relationship Goals, pentingkah masa pacaran bahas keuangan?

Relationship goals adalah suatu hubungan yang saling menguatkan satu sama lain, mereka menjalani hubungan tidak hanya didasarkan atas kasih sayang atau cinta tapi juga realistis bersama – sama saling mendukung untuk mencapai tujuan bersama. 

Lantas, pentingnya apa membahas keuangan saat masih paçadan?

Berbicara soal hubungan, tabu membicarakan keuangan baik pribadi maupun rencana masa depan. Ketika sepasang kasih dimabuk cinta, masing – masing ingin memberikan yang terbaik dan ingin terlihat baik dengan pasangannya. 

Perlu diingat bahwa pelabuhan terakhir dari sebuah hubungan adalah keseriusan untuk menjalani hidup bersama dengan mengarungi bahtera rumah tangga bersama melalui sebuah pernikahan. Manajemen keuangan yang baik menjadi salah satu faktor terciptanya kebahagiaan. Oleh karena itu penting buat kamu untuk membahas dan merencakan keuanganmu mulai dari sekarang bersama pacarmu. 

Berikut tips dari OFIN untuk merencanakan keuangan saat masih pacaran:

1. Terbuka kondisi keuangan

happy young man and woman drinking coffee near big building
Photo by Katerina Holmes on Pexels.com

Cara efektif berhemat saat berpacaran adalah jujur kepada pasangan kondisi keuangan saat ini agar pasangan mengerti sebatas mana kemampuan kamu. Jangan gangsi mengatakan ketika kamu masih punya gaji kecil, justru saat masih pendapatanmu masih kecil kamu harus pintar mengatur keuanganmu bersama pasanganmu. 

2. Ingatkan Pasangan Jika Boros

man and woman on crosswalk with paper cups
Photo by Katerina Holmes on Pexels.com

Masa pacaran adalah masa terindah menjalani hubungan, makan berdua, liburan berdua, memakai out fit yang sama, bahkan pergi belanja pun berdua. Gak ada salahnya melakukan hal – hal romantis bersama pacar, namun perlu diingat bahwa segala sesuatu yang dilakukan bersama biayanya menjadi 2x lipat lebih besar, oleh karena itu buatlah anggaran untuk berdua maksimal 5% dari pendatan masing. 

3. Saling Mengingatkan untuk Saving

person holding black ceramic teapot
Photo by cottonbro on Pexels.com

Mengingatkan pasangan untuk mengalokasikan sebagian uang untuk post saving baik untuk masa depan kamu dan pasanganmu, karena uang yang dialokasikan untuk saving bisa kalian nikmati kelak dimasa mendatang. Lebih baik lagi jika uang post saving diinvestasikan kedalam produk investasi dan sesuaikan dengan tujuan kalian misalkan persiapan menikah dan rumah hunian. 

4. Hindari Saling Meminjam Uang

crop woman counting money at modern office table
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Salah satu penyakit dalam sebuah hubungan adalah saling meminjam uang, dimana kadang mengandalkan rasa sayang dan kepedulian akhirnya tak jarang mengeluarkan uang di luar anggaran. Nah hindari untuk meminjam atau meminjamkan uang bersama pasangan kamu, biasakan untuk memiliki anggaran pribadi dan hidup secara Mandiri.

5. Terbuka Soal Tujuan Masa Depan

man in black long sleeved shirt and woman in black dress
Photo by Jasmine Carter on Pexels.com

Mengetahui tujuan masa depan pasangan adalah penting agar kalian dapat saling mendukung satu sama lain. Rencanakan dari sekarang tujuan – tujuan yang ingin kalian capai seperti karir, menikah, memiliki kendaraan, membangun bisnis, dan lain sebagainya. Semakin spesifik tau tujuan masing – masing, semakin bagus karena akan mempermudah kalian membuat perhitungan untuk mencapainya.

6. Tetap Jaga Privasi Keuangan

photo of woman wearing yellow shirt
Photo by Sound On on Pexels.com

Tidak semua hal harus dibagi dengan pasangan, apalagi hubunganya masih sebtas pacaran. Misalkan jangan saling bertukar credit card dengan pasangan, kamu harus tetap punya privasi dan kamu sendiri manager keunganmu. 

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *