Cara Mencapai Financial Freedom, Anda Harus Melakukan Ini!

Cara Mencapai Financial Freedom, Anda Harus Melakukan Ini!

Apakah anda pernah mendengar istilah financial freedom atau biasa orang sebut sebagai kebebasan finansial? Suatu hari jika anda ingin melakukan apapun, traveling, makan, hangout, serta berbelanja tanpa perlu memikirkan uang di dompet dan tanpa perlu mengganggu kestabilan keuangan di keluarga Anda, berarti kita sejalan. Mari kita lanjutkan.

Kalau kata seorang pakar kuangan Amerika, bernama Robert T. Kiyosaki mengatakan kebebasan finansial itu tidak hanya memiliki uang saja, tapi kebebasan finansial itu adalah ketika kita bisa menjadi diri kita sendiri dan melakukan apapun yang kita inginkan di hidup kita. Yup, dengan pengaturan keuangan yang baik, semua itu bisa diwujudkan lo!

5 Tips Mencapai Financial Freedom

1. Kenali Dirimu Dulu

Sudahkan Anda mengenali diri Anda sendiri? Seberapa Anda tahu tentang bagaimana kondisi keuangan yang sedang Anda hadapi?

Yups, sebelum memulai proses untuk mencapai finansial freedom alias kebebasan finansial, penting lo untuk mengenal diri sendiri dulu, dan yang paling penting kita tahu bagaimana kondisi keuangan kita selama ini.

Apakah pendapatan anda sekarang bisa mencukupi segala kebutuhan anda sehari-hari? Jika jawabannya adalah “ya” maka selamat, jika belum maka coba kroscek kembali pengeluaran harian Anda.

Mulailah gali dan pahami kondisi Anda sendiri, hitunglah berapa pendapatan yang Anda dapatkan per bulan? Kemudian berapa yang anda keluarkan setiap bulannya? Kemudian hitunglah apakah itu yang anda dapat dan keluarkan itu sejalan dengan cita-cita anda di masa depan?

2. Mulai Dari Niat dan Mindset Yang Tepat

Ketika ingin memulai sesuatu, tanyakanlah pada diri sendiri dulu, sudah siapkah Anda melakukannya? Artinya setiap keputusan yang diambil berarti siap melewati proses dan mau menerima resiko yang dihadapi. Sebab kebebasan finansial bukan sesuatu yang instan yang bisa didapatkan dengan mudah. Maka dari itu niatkan yang kuat untuk memulai, bayangkan saja bahwa dengan apa yang akan anda lakukan, nantinya mampu membuat orang-orang yang anda cintai ataupun diri Anda sendiri bahagia.

3. Tentukan Tujuan Yang Tepat

Menentukan tujuan yang tepat juga merupakan indikasi sebuah keberhasilan di awal lo! Sebab ketika Anda sudah mengetahui goal atau tujuan apa yang ingin anda capai, berarti anda sudah paham betul bagaimana akan mencapainya. Tapi kalau Anda belum tau apa tujuan Anda sekarang, jangan kuatir, cobalah dengan menentukan goal jangka pendek, menengah dan panjang. Mulailah dengan yang paling mudah terlebih dahulu, menyisihkan sebagian penghasilan untuk diinvestasikan misalnya.

4. Membuat Rancangan Keuangan

Setelah mengetahui tujuan anda akan kemana, sekarang mari kita bahas bagaimana prosesnya.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sebaiknya segala sesuatu itu direncanakan dengan tepat. Membuat rancangan keuangan adalah salah satunya. Bagaimana caranya, berikut ini tips yang barangkali bisa anda gunakan :

  • Mulailah dengan mencatat segala aktifitas keuangan Anda. Ini penting, sebab dari sini anda mulai punya kesadaran untuk peduli dengan segala sesuatu yang anda lakukan. Dari sini juga anda bisa mengaudit sendiri bagaimana kondisi keuangan anda saat ini.
  • Langkah selanjutnya adalah memprioritaskan penghasilan untuk ditabung dan diinvestasikan. Ingat ya, kata kuncinya adalah “memprioritaskan,” bukannya menyisihkan. Jadi cobalah ganti mindset anda dan lakukan mulai dari sekarang.
  • Mengurangi Keinginan dan Fokus Pada Kebutuhan. Jangan terburu-buru membeli sesuatu ya, pikirkan baik-baik dulu apakah apa yang akan Anda beli tersebut memang anda butuhkan atau hanya menuruti nafsu sesaat?
  • Mulai Menyiapkan Proteksi yang Cukup. Alokasikanlah investasi anda pada plot-plot yang tepat. Milikilah dana darurat, kemudian proteksi diri Anda sesuai kebutuhan. Misalnya yang paling penting adalah proteksi jiwa dan proteksi untuk kesehatan. Atau misalnya jika Anda berencana menyekolahkan anak Anda nantinya sampai ke perguruan tinggi yang sesuai dengan keinginan anda, maka milikilah proteksi dan asuransi dana pendidikan. Tapi ingat, cukup proteksi yang sesuai dengan kebutuhan saja ya!
  • Terakhir, jika Anda masih kesulitan juga membuat rencana keuangan yang tepat buat Anda. Maksimalkanlah orang-orang yang mampu membantu anda, minta tolonglah pada jasa Financial Planner terbaik yang bisa Anda dapatkan!

5. Jadilah Aktif

Untuk bisa mencapai kebebasan finansial tidak bisa dong jika kita hanya rebahan saja di kasur kemudian tau-tau kaya mendadak. Jangan pernah bermimpi demikian kecuali memang harta keluarga anda bisa mencukupi kebutuhan anda selama tujuh turunan! Jika tidak maka segera keluarlah dan bergerak.

Mulailah dengan berinvestasi terhadap diri sendiri. Kalau orang bilang “investasikan untuk leher ke atas.” Belajarlah terus dan masuklah ke lingkungan yang tepat. Buatlah pikiran Anda maju dan positif.

Selain itu mulailah membangun penghasilan pasif Anda. Cara ini bisa dilakukan salah satunya dengan waralaba. Sebab dari pengalaman banyak pebisnis, waralaba memang memiliki resiko yang terbatas sehingga tepat untuk bisa dijadikan sarana belajar bisnis Anda. Pilihlah waralab yang kredibel, pengalaman dan sesuai dengan minat dan kemauan Anda. Anda akan lebih senang nengurusi sesuatu yang sesuai dengan yang Anda senangi, bukan?

Yang terakhir, lakukanlah sekarang. Jangan ditunda nanti atau besok. Kesuksesan anda menanti di depan sana.

2 Comments

  1. JamesLib
    April 26, 2020 at 09:49

    Many thanks, this website is really helpful.

    1. Rega Gumilang
      Rega Gumilang
      May 28, 2020 at 14:40

      terimakasih sudah berkunjung kak.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Hai Kak, ada yang bisa saya bantu?
Halooo Kak, ada yang bisa saya bantu?