Mengatur income agar tercapai Financial Goals kamu.

Mengatur income agar tercapai Financial Goals kamu.

Horeeeee gajian, bahagia banget ketika mendengar notification yang memberikan informasi gaji sudah masuk ke rekening kamu, perasaan badmood menjadi feel good, thanks god this day is payday, kerja kita selama sebulan membuahkan hasil, seringkali gaji atau pendapatan kita tidak bertahan lama, biasanya belum sebulan juga saldo udah mendekati 0, bahkan defsit, jika kamu mengalami hal tersebut, bisa jadi ada yang salah dengan cara kamu mengalokasikan gajimu.

Nah, agar uangmu tidak habis begitu saja dan tujuan keuanganmu bisa tercapai, ada 6 alokası pos pendapatan kamu yang perlu kamu anggarkan agar gajimu tidak hanya lewa saja.

1. Bayar Cicilan Utang

person signing loan agreement for purchase of apartment
Photo by Gabby K on Pexels.com

Ketika kamu memutuskan utang berutang maka artinya kamu harus siap membayar utang tersebut. Jika kamu saat ini memiliki utang maka hal pertama yang kamu alokasikan setelah gajian adalah membayar utang terlebih dahulu.

Kamu harus memperhatikan faktor “bunga”, biasakan untuk membayar utang tepat waktu agar kamu tidak membayar utang tambahan dari bunga atau dana yang timbul jika kamu terlambat membayar utang.

untuk membayar cicilan makimal rasio 35% dari pendapatanmu, misalkan jika pendapatan bulananmu Rp 10.000.000 maka maksimal untuk membayaran cicilan kamu adalah Rp 3.500.000 perbulan.

2. Bayar Asuransi

blue and silver stetoscope
Photo by Pixabay on Pexels.com

Pos yang kedua adalah anggarkan gajimu untuk membayar asuransi. Memiliki asuransi penting buat kamu ketika kamu menghadapi risiko hidup seperti sakit, kecelakaan ataupun kejadian lainnya.

Asuransi bisa mengcover jika kamu megalami risiko hidup tersebut. Jika kamu belum memiliki tanggungan asuransi maka kamu bisa mempersiapkannya mulai dari sekarang.

untuk membayar premi asuransi disarankan minimal 10% dari pendapatan bulananmu, misalkan jika pendapatan bulananmu Rp 10.000.000 maka minimal untuk membayaran premi asuransi kamu adalah Rp 1.000.000 perbulan, jangan sampe kita terlalu banyak mengeluarakan untuk pembayaran premi sampai kehabisan untuk menabung dan investasi ya.

3. Anggaran Biaya Kebutuhan masa kini

woman in yellow tshirt and beige jacket holding a fruit stand
Photo by Anna Shvets on Pexels.com

Anggaran biaya kebutuhan berbeda – beda setiap orang, namun ada anggaran ideal yakni sebesar maksimal 45% dari gaji.

Sebelum kamu belanja bulanan sebaiknya kamu menganggarakan uang belanjamu terlebih dahulu dan catat kebutuhanmu agar kamu bisa berbelanja sesuai anggaran dan sesuai kebutuhkan.

4. Anggaran Tabungan & Investasi

composition of calculator with paper money and notebook with pen
Photo by Karolina Grabowska on Pexels.com

Banyak orang yang belum bisa stabil di post tabungan. Terlepas dari besaran gaji yang diterima, mengalokasikan gaji untuk post tabungan adalah kebiasaan yang harus dimulai sedini mungkin.

Besarannya tidak harus besar karena kamu punya pos kewajiban lain yang harus di isi, idealnya minimal 10% kamu harus bisa menganggarkannya untuk pos tabungan. Post tabungan penting banget untuk tabungan masa depan kamu.

misalkan jika pendapatan bulananmu Rp 10.000.000 maka minimal untuk menabung dan investasi adalah Rp 1.000.000 perbulan, kalau tujuan keuanganmu banyak misalkan persiapan menabung DP rumah, Persiapan dana pensiun, Dana pendidikan anak tentunya enggak cukup kalau hanya Rp 1.000.000, maka dari yuk buat perencanaan keuanganmu disini

5. Anggaran Gaya Hidup atau Hobi

cheerful couple in decorative glasses on street
Photo by Katerina Holmes on Pexels.com

Anggaran ideal untuk gaya hidup atau hobi cukup 5% dari gaji. Namun jika kamu punya dana lebih kamu bisa menganggarkannya lebih dari 5%.

Alokasi anggaran ini untuk membiayai hal – hal yang kamu suka, agar kamu tetap semangat setalah rutinitas pekerjaan ataupun kesibukan lainnya.

6. Anggaran Sosial

road man love people
Photo by RODNAE Productions on Pexels.com

Tidak ada salahnya juga setelah kamu berbagi dengan sesama. Kamu bisa mengalokasikan sebagian gajimu 2,5% – 10% untuk mereka.

Dana sosial sebiaknya dianggarkan diawal agar kamu tidak lupa untuk berbagi

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Haii Kak, ada yang bisa saya bantu?
Halooo Kak, ada yang bisa saya bantu?