Apa itu Book Plan Perencanaan keuangan?

Book Plan adalah layanan pembuatan rencana keuangan dan pendampingan secara pribadi melalui manajemen keuangan seperti mengelola arus kas, membuat anggaran, menyiapkan dana darurat, manajemen portofolio investasi, manajemen utang, perencanaan resiko dan asuransi, persiapan dana hari tua, pendidikan, perencaaan pajak dan warisan untuk mencapai financial goals dan meningkatkan kesejahteraan keuangan.

Financial Planner kami:

Apa yang akan kamu didapatkan?

Mendapatkan Book Plan perencanaan keuangan yang berisi Laporan Hasil Financial Check up, rencana keuangan untuk mencapai financial goals, rekomendasi dan action plan.

Mendapatkan pendampingan Profesional Financial Planner dari Oke Finansial.

Layanan konsultasi bersama CFP dari Oke Finansial

Bagaimana cara kami membantu kamu?

Financial check up, untuk melihat kondisi kesehatan keuangan saat ini sudah sehat atau perlu perbaikan.

Membuat plan development sesuai financial goals, perhitungan dan investasi sesuai dengan risk profile berbasis
financial goals.

Menyusun strategi-strategi yang akan disiapkan sesuai dengan financial goals yang ingin diwujudkan.

Review & Evaluasi

Financial Planning Process

Sumber: https://www.fpsb.org (2022)

01.
Establish and define the relationship with the client
Profesional perencanaan keuangan memberi tahu klien tentang proses perencanaan keuangan, layanan yang ditawarkan profesional perencanaan keuangan, dan kompetensi serta pengalaman profesional perencanaan keuangan. Profesional perencanaan keuangan dan klien menentukan apakah layanan yang ditawarkan oleh profesional perencanaan keuangan dan kompetensinya memenuhi kebutuhan klien. Profesional perencanaan keuangan mempertimbangkan keterampilan, pengetahuan, dan pengalamannya dalam memberikan layanan yang diminta atau kemungkinan akan dibutuhkan oleh klien. Profesional perencanaan keuangan menentukan apakah dia memiliki, dan mengungkapkan, konflik kepentingan apa pun. Profesional perencanaan keuangan dan klien menyetujui layanan yang akan diberikan. Profesional perencanaan keuangan menjelaskan, secara tertulis, ruang lingkup perikatan sebelum perencanaan keuangan diberikan, termasuk perincian tentang: tanggung jawab masing-masing pihak (termasuk pihak ketiga); ketentuan perikatan; dan kompensasi dan konflik kepentingan profesional perencanaan keuangan. Ruang lingkup perikatan ditetapkan secara tertulis dalam dokumen formal yang ditandatangani oleh kedua belah pihak atau diterima secara formal oleh klien dan mencakup proses untuk mengakhiri perikatan.
02.
Collect the client’s information
Profesional perencanaan keuangan dan klien mengidentifikasi tujuan, kebutuhan, dan prioritas pribadi dan keuangan klien yang relevan dengan ruang lingkup perikatan sebelum membuat dan/atau menerapkan rekomendasi apa pun. Profesional perencanaan keuangan mengumpulkan informasi dan dokumen kuantitatif dan kualitatif yang cukup tentang klien yang relevan dengan ruang lingkup perikatan sebelum membuat dan/atau menerapkan rekomendasi apa pun.
03.
Analyze and assess the client’s financial status.
Profesional perencanaan keuangan menganalisis informasi klien, sesuai dengan ruang lingkup perikatan, untuk mendapatkan pemahaman tentang situasi keuangan klien. Profesional perencanaan keuangan menilai kekuatan dan kelemahan situasi keuangan klien saat ini dan membandingkannya dengan tujuan, kebutuhan, dan prioritas klien.
04.
Develop the financial planning recommendations and present them to the client.
Profesional perencanaan keuangan mempertimbangkan satu atau lebih strategi yang relevan dengan situasi klien saat ini yang dapat secara wajar memenuhi tujuan, kebutuhan, dan prioritas klien; mengembangkan rekomendasi perencanaan keuangan berdasarkan strategi yang dipilih untuk memenuhi secara wajar tujuan, kebutuhan, dan prioritas klien yang telah dikonfirmasi; dan menyajikan rekomendasi perencanaan keuangan dan alasan pendukung dengan cara yang memungkinkan klien untuk membuat keputusan yang tepat.
05.
Implement the financial planning recommendations
Profesional perencanaan keuangan dan klien menyepakati tanggung jawab implementasi yang konsisten dengan ruang lingkup perikatan, penerimaan klien atas rekomendasi perencanaan keuangan, dan kemampuan profesional perencanaan keuangan untuk mengimplementasikan rekomendasi perencanaan keuangan. Berdasarkan ruang lingkup perikatan, profesional perencanaan keuangan mengidentifikasi dan menyajikan produk dan layanan yang sesuai yang konsisten dengan rekomendasi perencanaan keuangan yang diterima oleh klien.
06.
Review the client’s situation.
Profesional perencanaan keuangan dan klien saling mendefinisikan dan menyetujui persyaratan untuk meninjau dan mengevaluasi kembali situasi klien, termasuk tujuan, profil risiko, gaya hidup, dan perubahan relevan lainnya. Jika melakukan tinjauan, profesional perencanaan keuangan dan klien meninjau situasi klien untuk menilai kemajuan pencapaian tujuan rekomendasi perencanaan keuangan, menentukan apakah rekomendasi tersebut masih sesuai, dan mengkonfirmasi setiap revisi yang dianggap perlu.

The Process Of Working With A CFP® Professional

Profesional CFP® dari OFIN kami tahu bahwa langkah pertama adalah melakukan tinjauan menyeluruh untuk menilai di mana kamu berdiri dan kemudian bekerja dengan kamu untuk mengembangkan tujuan keuanganmu. Dari sana, profesional CFP® dari OFIN kamu dapat membantu membuat rencana yang dirancang untuk mencapai tujuan keuangammu, memandu untuk melaluinya, dan kemudian meninjau kemajuan kamu dari waktu ke waktu. rencana keuangan dapat berkembang seiring dengan perubahan zaman dan fase kehidupan kita.

01.
Pertemuan pertama
Pada pertemuan pertama, kita akan mendiskusikan proses perencanaan keuangan, tujuan keuangan apa yang ingin kamu wujudkan dan bagaimana profesional CFP® dari OFIN dapat membantu kamu. selanjutnya mendiskusikan layanan yang akan diberikan kepada kamu, memberi informasi tentang latar belakang CFP® perwakilan dari OFIN, memberikan info terkait biaya produk dan layanan, jika kamu sepakat akan dilanjutkan dengan memberikan kontrak perjanjian kerja dan mengungkapkan conflicts of interest.
02.
Perencanaan Keuangan Dimulai
Setelah kamu menyetujui surat perjanjian kerja perencanaan keuangan, termasuk mengungkapkan konflik kepentingan apa pun, langkah selanjutnya adalah profesional CFP® dari OFIN akan mulai memberikan perencanaan keuangan. Pekerjaan pertama kami adalah mengumpulkan informasi tentang keuangan kondisi keuangan kamu saat ini dan berbicara mengenai tentang kebutuhan, prioritas, dan tujuan keuangan kamu. Inilah saatnya untuk membahas masalah-masalah seperti toleransi risiko dan gambaran terhadap risiko umur panjang, ekonomi, kewajiban, dan perawatan kesehatan.
03.
Menganalisis Kekuatan dan Kerentanan Keuangan kamu
Profesional CFP® dari OFIN kamu, akan menganalisis kekuatan dan kerentanan situasi keuangan dan tindakan kamu saat ini. Tergantung pada keadaan pribadi, termasuk arus kas, aset yang dimiliki, perlindungan aset, hutang yang dimiliki, tunjangan karyawan, dana darurat, dan data keuangan lainnya.
04.
Mengembangkan Rekomendasi Perencanaan Keuangan
Langkah selanjutnya adalah mengembangkan rekomendasi untuk membantu kamu mencapai tujuan keuanganmu, menjelaskan asumsi yang digunakan untuk mengembangkan rencana dan menawarkan alternatif. setelah perencanaan keuangan selesai dibuat langkah berikutnya kami akan mempresentasikan rencana tersebut dan kamu akan berkesempatan untuk memberikan umpan balik dan mengajukan pertanyaan
05.
Melakukan Action Plan
Sekarang saatnya untuk mewujudkan rencana keuangan tersebut. dengan mengikuti kontrak surat perjanjian kesepakatan bersama mencakup implementasi dan pemantauan, serta perincian yang menentukan apa yang akan dipantau dan seberapa sering, dan kapan rekomendasi akan diperbarui.
06.
Kerjasama & Kolaboratif
Ini adalah proses kolaboratif. kamu perlu bekerja sama untuk meninjau kinerja dan kemajuan rencana keuangan dari waktu ke waktu. Ketika ada perubahan dalam keadaan pribadi (seperti perubahan dalam pekerjaan atau status keluarga), yang mungkin memerlukan penyesuaian pada rencana keuangan. Selama proses berlangsung, profesional CFP® dari OFIN dapat memberikan dukungan, bimbingan, dan pendidikan berkelanjutan.

Kami menyediakan Comprehensive Financial Planning (book plan) dengan 3 pilihan

First Meeting Pre Book Planning - by Zoom Cloud Meetings
( 30 Minutes ) Fee Rp 500.000

We’re excited to connect with you here’s what we’ll in our first meeting

Identify your deep financial desires (wants), and needs.

Identify your financial challenges and concerns holding you back from success

Uncover how our services can bridge the gap between overwhelm and stress, to clarity, strategy and achievement

Determine if it’s good fot for us to work together and discuss next step if so.

Calendar is loading...




Mortgage
Student Loan
Auto Loan
Credit Card
None

Financial checkup
Income & Cashflow Management
Debt Management
Emergency Fund
Risk Manajemen & Insurance
Education Fund
Investment Plan
Buy a Car
Buy a house
Retirement plan
Estate planning
Business financial planning
Open chat
1
Haii Kak, ada yang bisa saya bantu?
Halooo Kak, ada yang bisa saya bantu?